STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN
|
1. Guru memiliki kualifikasi akademik
minimum.
|
A.
Sebanyak 76% — 100%
guru berpendidikan minimum S1/D-
|
IV PGSD/PGMI
|
|
B.
Sebanyak 51% — 75% guru berpendidikan
minimum S1/D-
|
IV PGSD/PGMI
|
|
C.
Sebanyak 76% — 100% guru
berpendidikan setingkat DII
|
PGSD/PGMI
|
|
D.
Sebanyak 51% — 75% guru berpendidikan setingkat DII
|
PGSD/PGMI
|
|
E.
Kurang dari 51% guru berpendidikan setingkat atau di bawah
|
DII PGSD/PGMI
|
|
2.
Guru agama, guru pendidikan jasmani, dan guru kesenian mengajar
|
sesuai
dengan latar belakang pendidikannya.
|
|
A.
Ketiga mata pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai
|
dengan latar belakang pendidikannya
|
|
B.
Hanya 2 mata pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai
|
dengan latar belakang pendidikannya
|
|
C.
Hanya 1 mata pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai
|
dengan latar belakang pendidikannya
|
|
D.
Tidak ada guru yang sesuai dengan mata pelajaran, tetapi
|
diajarkan oleh tenaga dari institusi lain yang
relevan.
|
E. Ketiga mata pelajaran diajarkan oleh guru
kelas
|
|
3.
Guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip
|
pembelajaran.
|
|
A.
Sebanyak 76% — 100% guru memiliki kompetensi pedagogik
|
sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
|
|
B.
Sebanyak 51% — 75% guru
memiliki kompetensi pedagogik
|
sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
|
|
C.
Sebanyak 26% — 50% guru memiliki kompetensi pedagogik
|
sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
|
|
D.
Sebanyak 1% — 25% guru memiliki kompetensi pedagogik
|
sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
|
|
E.
Tidak ada guru yang memiliki kompetensi pedagogik sesuai
|
dengan prinsip-prinsip pembelajaran
|
|
|
|
4.
Guru memiliki kompetensi kepribadian sebagai agen pembelajaran.
|
A.
Sebanyak 76% — 100% guru memiliki kompetensi
|
kepribadian
|
B.
Sebanyak 51% — 75% guru memiliki kompeten si kepribadian
|
C.
Sebanyak 26% — 50% guru memiliki kompetensi kepribadian
|
D.
Sebanyak 1% — 25% guru memiliki kompetensi kepribadian
|
E.
Tidak ada guru yang memiliki kompetensi kepribadian
|
|
5. Guru berkomunikasi secara efektif, empatik,
dan santun dengan sesama
|
pendidik,
tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
|
|
A.
Adanya dialog dalam rapat dewan guru, rapat antara guru
dan kepala sekolah/madrasah, guru dan
komite
sekolah/madrasah, serta pertemuan antara
guru dan
orangtua siswa
|
|
|
B. Adanya dialog dalam rapat dewan guru, rapat antara
guru
dan kepala
sekolah/madrasah, serta guru dan komite
sekolah/madrasah
|
|
C.
Adanya dialog dalam rapat dewan guru serta rapat antara
|
guru dan kepala sekolah/madrasah
|
D.
Adanya dialog dalam rapat dewan guru
|
E.
Tidak pernah diadakan rapat
|
|
6.
Guru memiliki kesehatan jasmani dan rohani untuk menjalankan tugas
|
mengajar dan tugas lainnya.
|
|
A.
Rata-rata kehadiran guru 96% — 100% untuk menjalankan
|
tugas
mengajar dan tugas lainnya
|
|
B.
Rata-rata kehadiran guru 91% — 95% untuk menjalankan
|
tugas
mengajar dan tugas lainnya
|
|
C.
Rata-rata kehadiran guru 86% — 90% untuk menjalankan
|
tugas mengajar dan tugas lainnya
|
|
D.
Rata-rata kehadiran guru 81% — 85% untuk menjalankan
|
tugas
mengajar dan tugas lainnya
|
|
E.
Rata-rata kehadiran guru kurang dari 81% untuk menjalankan
|
tugas mengajar dan tugas lainnya
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar